Saturday, September 18, 2010

Keistimewaan Air Zam-Zam

وَعَنْ أَبِيْ ذَرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ :
﴿ زَمْزَمُ طَعَامُ طُعْمٍ وَشِفَاءُ سُقْمٍ ﴾
Dari sahabat Abu Dzar r.hu, dia berkata, Rasulullah saw bersabda,

“Air zam-zam adalah makanan [minuman] yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit.

Kedudukan Hadis
Dikeluarkan oleh ath-Thayalisi r.hu dalam Musnad-nya, lihat Minhatul-Ma’bud fi Tartibi Musnad ath-Thayaalisi Abi Dawud, 2/203. al-Bazzar r.hu, lihat Kasyful-Astar ‘an Zawa’idil-Bazzar, 2/47.
al-Hafidh al-Mundziri r.hu berkata, “Diriwayatkan oleh al-Bazzar dengan sanad shahih.” at-Targhib wat-Tarhib, 2/209.
al-Haitsami r.hu berkata, “Diriwayatkan oleh al-Bazzar dan ath-Thabarani dalam ash-Shaghir. Para perawi al-Bazzar adalah para perawi ash-Shahih”, lihat Majma’uz-Zawa’id wa Manba’ul-Fawa’id, oleh al-Haitsami, 3/286.
as-Suyuthi r.hu menghukumi hadis tersebut shahih, al-Jami’suh-Shaghir, 2/28. Hadis tersebut asalnya diriwayatkan oleh Imam Muslim r.hu.

Sejarah Sumur Zamzam
Sumur Zamzam terletak 11 meter dari Ka'bah. Diperkirakan air sumur ini setiap hari dipompa sekitar 11 sampai 18,5 liter per detik.
Dari mata air ini terdapat celah ke arah Hajar Aswad dengan panjang 70 cm dan tinggi 30 cm. Di samping celah lain yang menghasilkan air.
Sejarah mencatat, dahulu ada bangunan 8,3 m x 10,7 m. Antara 1381-1388 H, bangunan tersebut dibongkar guna memperluas tempat thawaf. Sedangkan tempat minum air zamzam dipindahkan ke ruang bawah tanah, di bawah tempat thawaf, dengan 23 anak tangga yang dilengkapi pendingin ruangan.
Membicarakan air zamzam tentu kita tidak dapat dipisahkan dari rangkaian sejarah Nabi Ibrahim as, peletak dasar bidang ketauhidan bagi umat manusia di bumi. Bermula ketika Ibrahim meninggalkan isterinya, ibunda Hajar as, dan anaknya, Ismail as, di sisi Ka’bah.
Beberapa lama ditinggalkan berdua, Hajar mulai kehabisan makanan dan minuman. Dalam suasana panik, ibunda Hajar lalu naik ke bukit Shafa dengan harapan ada seseorang yang dapat memberi pertolongan. Namun, tak seorang pun nampak dilihatnya. Hajar lantas lari ke bukit Marwah dengan harapan serupa. Tapi, tak juga terlihat orang. Ia kemudian berlari-lari antara Shafa dan Marwah. Barulah pada putaran ketujuh ia mendengar bunyi, yang ternyata berasal dari kepakan sayap malaikat. Muncullah mata air. Berteriaklah Ibunda Hajar, “Zamzama...zamzama...zamzama.” Yang artinya, air. Lalu, dari situlah Hajar minum dan kembali dapat menyusui Ismail. Dan, mulai saat itu masyhur disebut zamzam; wa-llahu a’lam.
Ketika datang kabilah dari Yaman, bani Jurhum, kesucian Ka'bah mulai tercemar, mata air zamzam mengering. Beberapa abad lamanya air sumur zamzam menghilang. Baru pada masa Abdul Muthalib, kakek Nabi Muhammmad saw, sumur digali kembali. Penggalian itu didasarkan pada mimpi.
Kesungguhan dan kesabaran Abdul Mutholilah dan para pembantunya. Akhirnya sumur air zamzam berair kembali.

Pemahaman Hadis
1. Zamzam. Artinya, air.
Air yang muncul dari padang pasir. Setelah kedua kaki bayi Nabi Isma`il menjejak-jejakkan kakinya di bawah. Lalu, Allah ta’ala mengutus malaikat untuk membatu mengeluarkan air.

2. Tha’āmu thu’min. Artinya, makanan (minuman) yang mengenyangkan.
Sebuah riwayat pada Shahih Muslim dalam kisah Abu Dzar r.hu bahwasannya ketika ia mendatangi Makkah untuk masuk Islam, ia menetap di sana selama 30 hari antara malam dan siang di dalam Masjidil Haram. Rasulullah saw bertanya kepadanya,

“Siapakah yang telah memberimu makan?” Ia [Abu Dzar] menjawab, “Aku tidak mempunyai makanan kecuali air zamzam. Lalu, aku menjadi gemuk dan berlemak, perutku berlipat-lipat, aku tidak mendapatkan tanda-tanda kelaparan di atas dadaku.” Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya ia [air zamzam] diberkahi, ia [juga] merupakan makanan yang berselera” (Hr.Muslim).

3. Syifā`u suqmin. Artinya, obat yang menyembuhkan.
Rasulullah saw bersabda,

“Sebaik-baik air di muka bumi adalah zamam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit” (Hr.Thabrani).

“Sesungguhnya sakit demam itu termasuk dari panasnya api neraka Jahannam. Maka dinginkanlah dengan air zam-zam. (Hr.Ahmad).

Perubahan Perilaku (Behavior Transformation)
a) Bagi Anda yang menunaikan ibadah haji atau umrah sangat dianjurkan meminum zamzam setelah thawaf dan shalat dua rakaat di belakang maqam ibrahim. Jika minum zamzam sunnah sambil berdiri, dan meminumnya sampai bersendawa.
b) Selalu sediakan zamzam di rumah Anda.
c) Apabila berterapi dengan zamzam, sertailah keyakinan bahwa itu adalah terapi nubuwah.
d) Memohon kepada Allah ta’ala setiap kali meminum zamzam.

Oase Pencerahan
Dr. Hamad Qadir al-Muhandis ilmuwan Timur Tengah menyatakan, “Hasil analisis kimiawi menerangkan, bahwa air zamzam, air jernih. Tidak berwarna. Tidak berbau. Sedikit mempunyai rasa aroma. Dan, kandungan hidrogen 7,5. Oleh karena itu, air tersebut menjadi alkali pada batasan tertentu. Dan, seluruh (kation dan ion) selain Natrium ada pada ukuran yang tepat sesuai dengan standar kesehatan internasional. Fakta membuktikan, bahwa banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan air zamzam dengan ijin Allah ta’ala. Seperti penyakit: kanker, ginjal, mata, luka, dan batu kemih. Semuanya tanpa operasi. Bahkan, pasien yang sudah dinyatakan secara medis tak dapat disembuhkan, berkah air zamzam penyakitnya sembuh.”
Selain itu kandungan kalsium dan magnesium air zamzam, apabila dibandingkan dengan air konsumsi yang biasa diminum relatif jauh lebih tinggi. Kalsium di dalam tubuh berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain itu juga berperan penting di dalam reaksi pembekuan darah. Di mana reaksi ini sangat diperlukan selama proses penutupan luka dan penghentian aliran darah saat terjadi luka.
Manfaat kalsium yang lain, adalah sebagai media untuk terjadinya respon hormonal dan juga berfungsi sebagai salah satu katalisator kerja enzim.
Untuk ibu hamil dan menyusui, keberadaan kalsium dalam nutrient yang dikonsumsi sangat membantu pembentukan otak, tulang serta sel-sel darah merah di dalam tubuh janin yang dikandungnya. Kalsium juga memiliki peran yang sangat besar untuk menurunkan tekanan darah, serta memiliki kemampuan mengikat kolesterol. Sehingga diet yang mengandung kalsium sangat menguntungkan.
Adapun magnesium merupakan mineral prima pengikat ion fosfat di dalam tubuh. Mineral magnesium yang berikatan dengan fosfat ini berperan di dalam proses metabolisme yang menghasilkan tenaga. Kebutuhan akan magnesium di dalam tubuh individu berkisar antara 300 sampai 450 mg/hari.
Kekurangan magnesium dapat menimbulkan terjadinya kelelahan yang bersifat kronis, kekurangan energi, menurunnya respon imun baik seluler maupun humoral di mana respon imun tersebut sangat utama di dalam perlindungan tubuh terhadap penyakit, akibat luas dari kekurangan magnesium terhadap tubuh adalah kerentanan tubuh terhadap serangan penyakit. Selain itu defisiensi magnesium juga dapat memicu terjadinya stres. Ion fluor merupakan salah satu ion penting yang mempunyai peranan sebagai antibiotik. Oleh karena itu sebagian besar produk pasta gigi mengedepankan adanya kandungan fluorida di dalam kemasannya yang difungsikan untuk menangkis timbunan bakteri penyebab plak gigi.
Zamzam yang terbukti mempunyai kandungan fluorida yang cukup tinggi sudah pula diteliti kemampuannya menekan pertumbuhan koloni bakteri yang sengaja dibiakkan pada media penumbuh bakteri. Kerja fluorida sebagai antimikroba ini didasari oleh kemampuan senyawa ini di dalam menghambat kerja enolase, yaitu suatu enzim glikolitik yang mengubah 2-fosfogliserat menjadi fosfoenolpiruvat. Enzim ini merupakan enzim yang berperan di dalam metabolisme pertumbuhan mikroba secara umum. Berdasarkan berbagai pembuktian-pembuktian tersebut di atas, menunjukkan bahwa betapa besarnya manfaat air zam-zam bagi kesehatan tubuh kita.
Selain mengandung beberapa mineral penting bagi tubuh. Zamzam juga bersifat steril dengan adanya kandungan fluorida yang memiliki sifat antimikroba dalam jumlah yang proporsional serta tidak memberikan dampak meracuni bagi tubuh.
Itulah kelebihan yang diberikan Allah swt kepada air zam-zam yang merupakan buah dari perjuangan seorang ibu dalam merawat putranya. Yaitu, Ibunda Hajar dan Nabi Ismail as.
Keberkahan, keutamaan dan kemanfaatan zamzam tak diragukan faktanya. Banyak penelitian yang telah dilakukan para ahli dunia yang telah mengungkap kandungan zamzam, dan hasilnya sungguh sangat luar biasa. Zamzam bukanlah air biasa. Zamzam mempunyai kandungan tiga puluh unsur di dalamnya. Bahkan, badan kesehatan internasional juga menegaskan, bahwa zamzam benar-benar layak diminum dan sangat baik menurut standar kesehatan. Nabi saw bersabda,

“Air zamzam itu menurut apa yang diinginkan peminumnya” (Hr.Ibnu Majjah). [ ]

No comments:

Post a Comment